Plt. Setda Maluku Tengah Buka Rakoor Peningkatan Kesejahteraan

PDFCetakSurel

Masohi.

Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah (DR Rakib Sahubawa),  mewakili Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH),  membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Tahun Anggaran  2017. Kegiatan yang di gelar Bagian Kesejahteraan Rakyat  Sekretaris Daerah Maluku Tengah,  yang dipusatkan di Ruang Pertemuan  Hotel Lelemuku Masohi Rabu, (13/12) kemarin.

Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH),  dalam sambutannya yang dibacakan Plt Setda Maluku Tengah( DR.  Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si), mengatakan bahwa, perlu disadari bersama bahwa pada sektor kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, dan perumahan masyarakat sebagai indikator kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah sampai saat ini masih mengalami disparitas atau kesenjangan yang cukup nyata. .

"Misalnya dalam bidang pelayanan pendidikan masih terjadi kesenjangan mutu pelayanan pendidikan dasar antar wilayah kecamatan, antar Sekolah dengan Sekolah, dan antar sekolah dengan Madrasah. Kesenjangan dalam pemenuhan pelayanan pendidikan dasar banyak disebabkan oleh perbedaan kapasitas Sumber Daya Manusia, kesadaran pemangku kepentingan, kemampuan penganggaran, sarana-prasarana, dan faktor geografns.

Sedangkan pembangunan di bidang kesehatan sampai saat ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti masih adanya kesenjangan status kesehatan masyarakat antar wilayah, antar status sosial dan ekonomi, berbagai penyakit baru atau penyakit lama yang muncul kembali," terangnya

Di sisi lain kata Plt. Setda Maluku Tengah (Dr. R. Sahubawa, S.Pi, M. Si),  masih terdapat beberapa target MDGs yang memerlukan upaya lebih keras untuk mencapainya, yaitu penurunan angka kematian ibu, penurunan angka sebaran HIV/AIDS, dan akses air minum berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat. "Hal itu berarti berbagai masalah kesehatan seperti angka kematian ibu dan bayi, angka kelahiran total, prosentase akses sumber air bersih dan menurunnya kasus malaria masih belum dicapai," ujarnya.

Dikatakannya,  mengacu pada berbagai permasalahan dan tantangan serta mengingat dalam RPJMD 2018-2022, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menempatkan aspek pendidikan, kesehatan, kependudukan maupun ketenagakerjaan sebagai sasaran pokok pembangunan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. sehingga setiap kebijakan maupun pelaksanaan berbagai program dan kegiatan.  "Pemerintah Daerah telah berkomitmen dan akan konsisten terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kependudukan secara merata pada seluruh‘ wilayah dan seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan untuk sektor ketenagakerjaan, perumahan serta taraf dan pola konsumsi masyarakat, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka dalam sektor tersebut," tandasnya.  (.....)

sumber : timweb kominfo malteng

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 386357